Cara Memutihkan Gigi Kuning Permanen Secara Alami dan Aman

Cara memutihkan gigi kuning dengan cara alami simple, mudah dan cepat. Email gigi merupakan lapisan yang memberikan warna putih pada gigi. Lapisan ini dapat rusak dan menguning dikarena perawatan yang salah. Makan atau minum makanan yang panas dan dingin secara bergantian akan menyebabkan email gigi rusak dan mengakibatkan gigi anda menjadi menguning.


Cara Memutihkan Gigi yang Kuning

Sobat, jujur ya, kita semua pasti maunya punya gigi putih, bersih dan enak dilihat. Bagaimana kalau gigi warnanya kuning? Tentu selain kurang enak dilihat, membuat minder, jadi gak pede takut dicap pemiliknya kurang merawat dan menjaga kebersihan gigi. Padahal sudah gosok gigi berkali-kali, pakai obat segala macam tetapi hasilnya gigi tetap kuning. walaupun pada dasar nya ada juga yang mempunyai gigi bawaan dari lahir yang sudah kuning alias gigi tulang "biasa orang menyebut nya"

Secara umum, gigi kuning disebabkan hal-hal berikut:
  1. Jarang gosok gigi, atau, jikapun rajin gosok gigi tetapi cara gosok giginya salah. Gosok gigi yang benar menggerakkan brus sikat gigi dari atas ke bawah, bukan dari samping kanan ke kiri atau maju mundur.
  2. Merokok. Rokok memiliki zat nikotin yang berperan membuat gigi kuning.
  3. Sering minum minuman suplemen, minuman penambah energi dan minuman instan seperti kopi, teh herbal dan sejenisnya. Karena mengandung zat yang menjadikan gigi kuning.
Sobat punya gigi kuning? Apakah gara-gara dari salah satu penyebab di atas? Jika tidak, bisa jadi faktor lain seperti salah menggunakan obat pemutih gigi atau mengkonsumsi makanan yang menyebabkan gigi kuning dan tidak gosok gigi sehabis makan.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Berikut ini merpakan cara memutihkan gigi sobat yang kuning dengan menggunakan bahan yang alami.
Gosok gigi dengan air perasan jeruk nipis.
Ini sangat efektif. Perasan air jeruk diletakkan di ujung kain, sapu tangan atau sejenisnya lalu pelan-pelan digosokkan di gigi secara langsung. Gigi langsung putih cemerlang. Tapi hati-hati, cara ini bila terkena gusi gigi akan terasa perih dan malah terasa sakit. Usahakan tidak terkena gusi gigi ya.

Pakai siwak di samping sikat dan pasta gigi.
Ini banyak juag dipakai sebagian umat Muslim. sikat siwak yang diambil dari pohon kayu siwak mengandung bahan-bahan alami pembersih gigi, penguat gigi sekaligus pemutih gigi dan sudah digunakan sejak ribuan tahun oleh Bangsa Arab. Kayu siwak kini juga tersedia dalam bentuk sikat gigi dan pasta gigi dan banyak dijual di toko biasanya di toko Muslim.

Sikat gigi dengan menggunakan baking soda

Meyikat gigi dengan baking soda bermanfaat membasmi noda pada gigi. Caranya, oleskan baking soda di gigi, kemudian biarkan antara 3-6 menit. Lalu sikat gigi dengan cara biasa. Lalu dibilas dengan air bersih.

Mengunyah biji buah pinang
Ini banyak dilakukan oleh orang-orang tua di daerah Sumatera Utara. Caranya kunyah biji buah pinang yang sudah dijemur kering lalu dipotong kecil-kecil, lalu kunyah bersama daun sirih. Nanti akan menghasilkan cairan kemerah-merahan tetapi sekaligus menguatkan dan memutihkan gigi. Tapi sobat tidak perlu mengunyah biji buah pinang dengan daun sirih, cukup dengan membakar biji pinang hingga hangus dan ditumbuk hingga lembut. Gosokkan biji buah pinang ke seluruh permukaan gigi dengan kain. Lakukan 3 hari sekali selama 1 bulan.

Gosok gigi teratur
Ini cara konvensional. Jangan lupa dan jangan malas gosok gigi di pagi hari, sehabis makan, dan ketika hendak tidur ya. Minimal, 2 kali sehari pagi ketika mandi pagi akan berangkat kerja dan malam ketika hendak tidur.

Cara Memutihkan Gigi Dengan Garam

Cara lain memutihkan gigi kuning adalah dengan menggunakan garam. Garam selain penambah rasa makanan dan menjadi pemain sentral bumbu dapur ternyata juga berfungsi memutihkan keluhan gigi kuning ya sobat.

Bagaimana caranya? Berikut cara menggunakan garam untuk memutihkan gigi.
  • Siapkan garam dalam tempat kecil seperti piring kecil, mangkuk atau gelas.
  • Masukkan sikat gigi ke dalam piring kecil atau gelas, mangkuk yang berisi garam. Jangan lupa, basahi dulu sikat gigi yang akan digunakan sebelum dicelupkan ke dalam piring kecil.
  • Sikat gigi sobat dengan sikat gigi yang sudah ada garamnya. Jadi, garam berfungsi sebagai pasta gigi. Lakukan teratur pagi dan sore hari.
Hati-hati menggunakan garam dapur sebagai pemutih gigi. Karena berfungsi menghilangkan flek kuning di gigi, tetapi juga hampir sama fungsinya dengan air remasan jeruk nipis. Bisa membuat gusi perih, dan garam juga bisa menyebabkan email gigi rusak. Jadi penggunaannya selain hati-hati, juga hatus efektif dalam segi waktu dan tidak tergesa-gesa.

Demikian tadi beberapa tips cara memutihkan gigi yang bisa sobat baca. Semoga gigi gigi kita semua bersih, sehat dan tentunya tidak kuning ya Sobat.

Related Posts

Load comments

Comments