Masak Pakai Microwave Menimbulkan Radiasi Berbahaya? Berikut Penjelasan nya

Dalam perdebatan terkait tentang bahaya radiasi gelombang radio pada peralatan rumah tangga, yaitu oven microwave sering sekali di sebut berbahaya dalam penggunaan nya bagi kesehatan. Alasan dari pernyataan itu adalah karena radiasi microwave di curigai merubah kandungan nutrisi pada makanan serta membuatnya menjadi bersifat karsinogen.


Jadi apakah pendapat dari hal tersebut benar? Menurut World Healt Organization [WHO] seseorang tidaklah perlu khawatir tentang hal tersebut karena bisa di bilang pendapat tersebut hanyalah mitos belaka.

"Penting untuk disadari bahwa makanan yang dimasak dalam oven microwave tidak akan jadi radioaktif. Demikian juga dengan energinya tidak akan tetap berada dalam makanan ketika oven dimatikan," tulis lembar fakta WHO seperti dikutip Jumat, (28/10/2016).

"Dalam hal ini oven microwave bertindak seperti cahaya lampu. Ketika bola lampu dimatikan, tidak ada sisa cahaya yang terpancar," lanjut WHO.

Oven microwave sudah didesain sedemikian rupa sehingga aman digunakan sehari-hari. Cara kerjanya adalah ketika oven menyala maka gelombang mikro dilepaskan untuk menggetarkan molekul-molekul makanan dan menimbulkan panas. Dengan cara ini makanan kemudian akan matang secara merata.

Meski relatif aman WHO memperingatkan agar seseorang harus selalu memperhatikan instruksi penggunaan oven. Tidak semua wadah makanan cocok dipakai dan perhatikan juga kebersihan serta kondisi oven.

"Kebocoran gelombang mikro masih dapat terjadi di sekitar komponen oven yang rusak, kotor, atau dimodifikasi. Oleh karena itu penting agar oven selalu dipertahankan dalam kondisi yang baik,"

"Energi gelombang mikro dapat diserap oleh tubuh dan menghasilkan panas pada jaringan yang terpapar. Organ dengan suplai darah atau kontrol temparatur yang buruk seperti mata atau testis berisiko untuk alami kerusakan akibat panas ini," ungkap WHO.

Sekian artikel ini saya rangkum dari suber terpercaya [detik.com] untuk anda dan kurang lebih nya saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan, karena setiap manusia tidak pernah luput dari kesalahan ya,.hehe. terima kasih atas kunjungan ke blog sederhana saya ini dan semoga bermanfaat. :D

Related Posts

Load comments

Comments