Cara Mengatasi Komputer dan Laptop yang Lemot atau Lambat

Cara Mengatasi Komputer dan Laptop yang Lemot atau Lambat banyak cara yang bisa dilakukan agar komputer atau laptop kita tidak lambat. mulai dari cara yang rumit sampai cara yang paling mudah. disini adakan dipilihkan cara yang agar komputer tidak lambat lagi dengan cara yang menurut penulis mudah untuk dilakukan.

Cara Mengatasi Komputer Lambat pada windows xp atau windows 7 kurang lebih sama hanya ada sedikit saja yang beda, namun bagi teman-teman yang terbiasa dengan windows mudah mengenali perbedaannya.

Bagaimana Cara Mengatasi Komputer Lambat Mudah ?

Ada beberapa cara agar komputer tidak lemot lagi diantaranya :

1. Cek program-program yang menggunakan memori yang besar. Cara mengeceknya dengan ‘Task Manager’.
Ctrl+Alt+Del >> Task Manager >> tab “Process
Di sini dapat terlihat aplikasi yang memakan memori. Silahkan di-close/end process program-program yang tidak diperlukan.

2. Komputer lambat dikarenakan terlampau banyaknya module yang terinstal.
terkadang kita sering menginstal banyak modul untuk melakukan tugas terutama mahasiswa atau siapa saja yang ingin trial and error, sehingga aplikasi tersebut menumpuk. walau sebenarnya aplikasi tersebut jarang atau apalagi dari dulu tidak dipakai kecuali sesekali saja.

periksalah module apa saja yang terinstal dikomputer lewat cara klik add/remove module di carry out row serta un-install program-program yang cuma jadi accesories tersebut. itu salah satu cara mengatasi komputer lambat.

3. Jika masih lambat coba lakukan cari ini (Untuk Windows 7):

Control Panel >> Performance Information & Tools (manfaatkan fitur search)>> Adjust Visual Effects
di tab “Visual Effects”, pilih “Adjust for best performance”. Atau di list yang terdapat di bagian bawah, silahkan uncheck tampilan visual yang tidak diperlukan untuk mengurasi konsumsi memori.

4. Gunakan fitur defragment.
Kali ini coba lakukan “Disk Defragment”. Control Panel >> “Defragment” (gunakan fitur search)
Lalu defragment Hard disknya.

5. Hapus file-file yang tidak diperlukan terutama pada folder prefect.
Coba buka explorer >> C://windows/prefetch >> hapus semua file yang ada di dalam folder prefetch.

6. Gunakan CCleaner. download CCleaner <<-- klik di sini.

7. Gunakan Easy cleaner.

Kedua software gratis diatas sangat baik digunakan untuk mempercepat laptop atau komputer.

Kedua file diatas juga biasa saya pakai untuk membuang file yang tidak di perlukan di berbagai tempat di windows. bisa digunakan salah satu. keduanya merupakan software kecil namun ampuh untuk membersihkan file yang tidak digunakan di windows. demikian tutorial cara mengatasi komputer dan laptop lemot atau lambat.

Semoga dengan tips-tips cara mudah mengatasi laptop lemot diatas bisa membantu komputer anda lebih cepat. dan jika anda ingin copy web yang diproteksi ketika menjelajah internet ? jangan khawatir semua dapat diatasi.

Related Posts

Load comments

Comments